TEKNIK SEPEDA MOTOR

By IT SMK GALILEO 13 Okt 2022, 14:19:37 WIB

Di era modern ini, bidang otomotif terus berkembang dengan pesat. Bagi para pecinta mobil dan motor, menjadi ahli dalam perawatan dan perbaikan kendaraan ringan adalah impian yang bisa diwujudkan melalui Program Studi Teknik Sepeda Motor (TSM) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang kompetensi dan karir yang bisa dikejar oleh lulusan TSM, serta mengapa TSM menjadi pilihan yang menarik dalam dunia pendidikan otomotif.

  1. Kompetensi dan Pengetahuan yang Diperlukan:
  • Dasar-dasar mesin: Memahami prinsip dasar mesin kendaraan ringan adalah kunci dalam TKR. Peserta didik akan belajar tentang komponen mesin, sistem bahan bakar, dan sistem pendingin.
  • Interprestasi Gambar Teknik: Mampu membaca dan menginterpretasikan gambar teknik adalah keahlian yang penting dalam perbaikan kendaraan ringan. Peserta didik akan diajarkan tentang simbol-simbol, skala, dan spesifikasi yang terdapat dalam gambar teknik.
  • Peralatan dan Alat Ukur: Menggunakan peralatan dan alat ukur dengan benar merupakan kompetensi yang harus dimiliki oleh lulusan TKR. Mereka akan belajar tentang penggunaan alat-alat ukur seperti micrometer, multimeter, dan alat pemadam api.
  • Keselamatan Kerja dan Lingkungan: Prosedur keselamatan kerja dan kepatuhan terhadap aturan lingkungan sangat penting dalam dunia otomotif. Lulusan TKR harus memiliki pemahaman yang baik tentang tindakan pencegahan kecelakaan dan pelestarian lingkungan.
  1. Karir dan Bidang Pekerjaan:
  • Teknisi Kendaraan Ringan: Lulusan TSM dapat bekerja sebagai teknisi di bengkel perawatan dan perbaikan kendaraan ringan. Mereka akan mampu mendiagnosa, memperbaiki, dan merawat sistem mesin, sistem pemindah tenaga, sistem kelistrikan, serta sistem suspensi dan kemudi.
  • Spesialis Mesin: Lulusan TSM juga dapat mengembangkan karir sebagai spesialis mesin, fokus pada tune-up mesin bensin dan diesel. Mereka akan terampil dalam melakukan perawatan rutin, pemeliharaan, dan perbaikan mesin.
  • Teknisi Transmisi: Memelihara dan memperbaiki transmisi manual dan otomatis merupakan bidang karir yang menjanjikan bagi lulusan TSM. Mereka akan menjadi ahli dalam sistem pemindah tenaga kendaraan.
  • Ahli Kelistrikan: Lulusan TSM juga dapat menjadi ahli kelistrikan, dengan keahlian dalam merangkai dan memperbaiki rangkaian kelistrikan pada kendaraan. Mereka akan mengatasi masalah kelistrikan dan menginstal berbagai sistem tambahan seperti AC dan sistem pengaman.
  1. Keunggulan Program Studi TSM di SMK:
  • Praktik Kerja Industri: Program Studi TSM di SMK menyediakan kesempatan bagi siswa untuk mengikuti praktik kerja industri di bengkel otomotif. Ini memberikan pengalaman nyata dan pemahaman yang mendalam tentang dunia industri .
  • Sertifikat Keahlian: Lulusan TSM akan mendapatkan sertifikat keahlian yang diakui oleh industri otomotif. Ini akan meningkatkan daya saing mereka di pasar kerja.
  • Kombinasi Teori dan Praktik: Kurikulum TSM menggabungkan pembelajaran teori dengan latihan praktis, memastikan bahwa peserta didik memiliki pemahaman yang komprehensif tentang konsep dan keterampilan.
  • Mengikuti Kemajuan Teknologi: TSM terus mengikuti perkembangan teknologi otomotif terkini. Peserta didik akan mempelajari tentang sistem injeksi bahan bakar terbaru, teknologi elektronik, dan penggunaan peralatan modern.

Dengan meningkatnya permintaan terhadap teknisi otomotif yang berkualitas, lulusanTSM memiliki peluang yang cerah untuk membangun karir yang sukses di industri otomotif. Melalui program ini, mereka akan memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan untuk menjadi profesional yang kompeten dan berdaya saing di pasar kerja.



Principal

Kepala Sekolah
Suhariyanto, MM.Pd
Baca Sambutan

Artikel Terpopuler