
Di era digital yang serba cepat ini, peningkatan kualitas pendidikan menjadi prioritas utama. Program Rumah Pendidikan hadir sebagai inisiatif dari Kemendikdasmen untuk menjawab tantangan tersebut. Salah satu langkah penting dalam mewujudkan visi ini adalah melalui pelatihan pendampingan pengelolaan kinerja dan pemanfaatan bahan ajar Koding dan Kecerdasan Artifisial (KKA). Pelatihan ini diselenggarakan oleh Kemendikdasmen pada hari Kamis, 5 Desember 2025, sebagai bagian dari upaya sosialisasi program Rumah Pendidikan.
Isi:
Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pengelolaan kinerja serta memanfaatkan bahan ajar Koding dan Kecerdasan Artifisial (KKA) secara efektif. Dengan demikian, program Rumah Pendidikan dapat berjalan optimal dan memberikan dampak positif bagi siswa.
Materi pelatihan mencakup:
- Pengelolaan Kinerja Guru yang Efektif: Strategi dan teknik untuk meningkatkan kinerja guru melalui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang terukur.
- Pengenalan dan Pemanfaatan Platform dan Sumber Belajar KKA: Eksplorasi berbagai platform dan sumber belajar Koding dan Kecerdasan Artifisial yang relevan dan mudah diakses.
- Integrasi KKA dalam Kurikulum dan Kegiatan Pembelajaran: Cara mengintegrasikan Koding dan AI ke dalam kurikulum yang ada serta kegiatan pembelajaran sehari-hari.
- Studi Kasus dan Praktik Baik dari Implementasi KKA: Contoh-contoh sukses penerapan Koding dan AI dalam pendidikan yang dapat dijadikan inspirasi.
“Pelatihan ini sangat bermanfaat. Saya jadi lebih paham bagaimana mengelola kinerja dengan baik dan memanfaatkan Koding serta AI dalam pembelajaran,” ujar Pak Satriyo Leksono, S.Kom., seorang guru SMK Galileo yang menjadi peserta pelatihan.
Diharapkan, pelatihan ini akan memberikan dampak signifikan, antara lain:
- Peningkatan kualitas pembelajaran di Rumah Pendidikan.
- Guru lebih siap menghadapi tantangan pendidikan di era digital.
- Siswa lebih tertarik dan termotivasi untuk belajar Koding dan AI.






